1. Home
  2. Umum
  3. Media Penyampaian dan Permintaan Pengaduan
  1. Home
  2. Tentang DANAdidik
  3. Media Penyampaian dan Permintaan Pengaduan

Media Penyampaian dan Permintaan Pengaduan

Dalam penyampaian atas keluhan atau beberapa hal yang perlu dipertanyakan, setiap orang wajib mengetahui berbagai prosedur sebagai berikut

Terdapat dua cara penyampaian yang saat ini bisa dilakukan oleh pelapor, antara lain; lisan dan tertulis.

1. Lisan

  • Tatap Muka

Sponsor atau Anakdidik datang ke kantor.

  • Tanpa Tatap Muka

Sponsor atau Anakdidik menghubungi nomor 021-7179422

2. Tertulis

  • Whatsapp: Sponsor atau Anakdidik mengirim pesan melalui nomor 0811177430
  • Email: Sponsor atau Anakdidik mengirim pesan melalui email info@danadidik.id
  • Chat interaktif: Sponsor atau Anakdidik mengirim pesan melalui kolom chat yang ada di website

Alur Permintaan Pengaduan Lisan

Sponsor/anakdidik

  • Sampaikan permintaan atau pengaduan secara lisan (v)

Petugas

  • Registrasi permintaan/pengaduan
  • Verifikasi dan identifikasi permintaan/pengaduan
  • Berikan solusi atau proses penyelesaian*
  • Mengarahkan permintaan/pengaduan tertulis**

Keterangan

(v)          wajib sponsor atau anakdidik langsung

*             SLA 2 hari kerja

**           petugas akan mengarahkan sponsor/anakdidik untuk mengajukan tertulis bila penyelesaian lebih dari 2 hari kerja.

Alur Permintaan dan Pengaduan Tertulis

Sponsor/Anakdidik

  • Sampaikan permintaan atau pengaduan secara tertulis (v)

Petugas

  • Registrasi permintaan atau pengaduan
  • Verifikasi dan identifikasi permintaan atau pengaduan
  • Berikan solusi atau proses penyelesaian tertulis*
  • Informasikan perpanjangan waktu penyelesaian**
  • Menyampaikan solusi atau penyelesaian tes***

Keterangan

(v) sponsor/anakdidik atau perwakilan

* SLA maksimum 20 hari kerja

** Apabila penyelesaian permintaan/pengaduan tidak dapat diselesaikan dalam waktu 20 hari kerja

***Sponsor/anakdidik dapat menggunakan mediasi OJK/ Lembaga alternatif lainnya bila solusi / penyelesaian yang diterima kurang sesuai.

Dalam penyampaian permintaan/pengaturan secara tertulis, sponsor/anakdidik menyertakan dokumen sebagai berikut:

  1. Mengisi pernyataan dan informasi permasalahan baik dalam formulir tersedia atau free format (bersifat wajib)
  2. Salinan identitas diri dari sponsor/anakdidik atau perwakilannya (bersifat wajib)
  3. Dokumen-dokumen pendukung seperti: bukti setoran/transfer atau lainnya yang terkait dengan pengaduan yang dimaksud
  4. Surat kuasa sponsor/anakdidik yang diwakilkan (bila bukan sponsor/anakdidik sendiri yang mengajukan pengaduan)
  5. Dokumen dari pihak berwenang (bila perwakilan sponsor/anakdidik adalah Lembaga badan hukum) serta dokumen lain yang dirasa perlu.

Was this article helpful?

Related Articles

Leave a Comment