1. Home
  2. Donasi & Investasi: #ImpactInvestor
  3. Manajemen Resiko & Credit Scoring

Manajemen Resiko & Credit Scoring

Disclaimer

Pinjaman pendidikan adalah investasi beresiko tinggi. Namun, memiliki dampak sosial yang sangat berarti

DANAdidik melakukan resiko manajemen seperti:

  • Wali (orang tua) menjadi co-signor atau penjamin bila siswa gagal membayar
  • Wawancara (interview)
  • Data verifikasi (ID, KTP, KK)
  • Data kampus (Kartu Mahasiswa, IPK)
  • Referensi teman dan kampus
  • Limitasi maksimal pinjaman
  • Tes psikotes
  • Digital tracking
  • Analisa industri secara umum dan potensi siswa bekerja
  • Memonitor siswa secara ad-hoc

 

Membayar (default) dari pinjaman pendidikan (student loan) merupakan risiko yang tidak dapat dihindari oleh pemberi pinjaman. Jika tindakan antisipasi tidak berhasil, maka pemberi pinjaman akan menanggung risiko kerugian. Pada umumnya, sebagai pihak yang turut melakukan pendanaan, DANAdidik juga akan menanggung risiko yang sama dengan para pemberi pinjaman.

 

Was this article helpful?

Related Articles

Comments

  1. bagaimana jika siswa gagal mengembalikan pinjaman ?
    apa investor kehilangan dana tersebut dan tidak diganti ?
    atau adakah jaminan pasti ( benda atau bentuk ) dari siswa untuk investor apa bila siswa tidak membayar pinjamannya ?

    1. Hi Hubull Malik,

      DANAdidik menggunakan Orang (Wali) sebagai jaminan, dimana Wali tersebut akan menjamin pembayaran dan juga bertanggung jawab secara hukum.

      Investor disarankan utk memahami resiko dari investasi dari Peer-to-Peer Lending per guidance dari OJK per dibawah:

      PERHATIAN:

      1. Pengguna Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (“Fintech Lending”) merupakan wujud kesepakatan dan hubungan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala resiko dan akibat hukum daripadanya ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak yang berkontrak.
      2. Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman Pinjam-Meminjam atau Fintech lending,disarankan tidak menggunakan layanan ini.
      3. Sebelum memanfaatkan Fintech Lending, Penerima Pinjaman wajib mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya-biaya lainnya sesuai dengan kemampuannya dalam melunasi pinjaman.
      4. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial serta dapat menjadi alat bukti hukum yang sah menurut peraturan mengenai informasi dan transaksi elektronik dalam proses penyelesaian sengketa dan penegakan hukum.
      5. Masyarakat Pengguna wajib membaca dan memahami informasi ini sebelum keputusan sebagai Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman.
      6. Keputusan Pengguna untuk memanfaatkan Fintech Lending merupakan suatu wujud dan bukti pemahaman Pengguna atas Informasi ini.

Leave a Comment